orang tertua di dunia

5 MANUSIA TERTUA
 DI DUNIA



   Supercentenarians adalah sebutan bagi orang-orang di dunia yang mencapai usia di atas 100 tahun. Memasuki abad ke-20, sejumlah dokumentasi mencatat orang-orang tertua di dunia yang pernah hidup. 

   Yasutaro Koide, adalah salah satu lelaki asal Jepang yang dinobatkan sebagai lelaki tertua di dunia dan memperoleh sertifikat dari Guiness World Records pada tahun 2015. 

   Koide, Selasa (19/01/2016), meninggal dunia di usia 112 tahun 10 bulan, atau 2 bulan menjelang hari kelahirannya, 13 Maret. 

   Namun dunia mencatat, tidak hanya Koide yang bisa bertahan hidup dengan usia panjang. Bahkan beberapa orang yang memiliki usia panjang, hingga kini masih bertahan hidup. Dan salah satunya adalah seorang nenek berkewarganegaraan Indonesia. 

   Siapakah saja, mereka yang pernah tercatat sebagai orang tertua di dunia dalam sejarah modern? Berikut orang-orang tertua di dunia, yang didominasi para perempuan. 


5. Sarah Knauss (AS) 



   Sarah Knauss merupakan orang tertua di dunia yang pernah ada, dari Amerika Serikat, serta diakui sebagai orang tertua kedua yang pernah didokumentasikan seperti Jeanne Calment. Dia dianggap sebagai dunia hidup orang tertua oleh Guinness World Records pada 16 April 1998 sampai kematiannya, pada Desember 1999, di usia 119 tahun 97 hari.

4. Shigechiyo Izumi (Jepang)



   Lahir pada 29 Juni 1865, dan menjadi seorang super centenarian asal Jepang. Shigechiyo Izumi diakui menjadi orang tertua di dunia pada pertengahan tahun 1980-an, setelah kematian Niwa Kawamoto, yang juga berasal dari Jepang.

   Status sebagai orang tertua di dunia ini telah diverifikasi oleh Guinness World Records, tapi Guinness kemudian menarik verifikasi tersebut. Lalu Guinness World Records Book 2012 menobatkan Christian Mortensen sebagai pria tertua yang pernah ada, dan Izumi tidak disebutkan.

   Shigechiyo Izumi meninggal dunia pada 21 Februari 1986, di usia 120 tahun, 237 hari. Semasa hidupnya, Izumi gemar meminum shochu, sejenis minuman beralkohol di Jepang yang terbuat dari fermentasi barley dan beras.


3. Jeanne Louise Calment (Perancis) 

   Jeanne Louise Calment pernah tercatat sebagai manusia tertua di abad modern. Calment asal Arles, Perancis, kelahiran 21 Februari 1875.

   Calment tercatat sebagai perempuan yang memiliki umur manusia terpanjang dengan melihat pada catatan kelahirannya. Calment meninggal dunia pada 4 Agustus 1997, dengan usia 122 tahun, 164 hari.

   Calment menjadi terkenal ketika di usia 113 tahun, saat Vincent van Gogh membawa wartawan ke Arles. Usianya yang mencapai 122 tahun kemudian didokumentasikan oleh studi ilmiah di Eropa.

   Satu hal yang paling unik dari seorang Jeanne Calment, diantara supercentenarians lainnya adalah bahwa Calment adalah seorang perokok meskipun usianya telah mencapai di atas 100 tahun.

2. Anami (Indonesia) 
   Diantara orang tertua di dunia, ternyata ada seorang nenek asal Indonesia yang dikabarkan sebagai orang tertua di dunia . Meskipun belum terverifikasi secara jelas tahun kelahirannya, namun Anami, warga Kampung Bungur, Tegalwaru, Purwakarta, diyakini telah berusia 140 tahun. 

   Anami mulai dikenal di publik sebagai orang tertua asal Purwakarta, ketika Bupati Purwakarta, Dedy Mulyadi mengeskpos akan mengikutsertakan Anami dalam sebuah sayembara orang tertua di dunia, yang diselenggarakan oleh konglomerat asal Molodova, Dmitry Kaminsky, pada tahun 2015 lalu. 

   Bupati Dedy Mulyadi mengaku pihaknya memiliki data akurat dari catatan kependudukan Anami. 
U
   Wow… Jika benar usia Anami kini mencapai 140 tahun, maka ia tercatat berusia lebih tua dibandingkan dengan orang tertua yang tercatat masih hidup, yaitu Susannah Mushatt Jones dan Emma Luigia Morano. 
1. Li Chung Yun (Cina)

   Li Chung Yun atau ada juga yang menyebutnya dengan nama Li Chung Yuen tercatat sebagai pemegang rekor orang tertua di dunia. Dia adalah seorang ahli bela diri, penasehat taktis Tiongkok, dan tabib. 

   Li yang berasal dari Sichuan suka berkeliling dunia. Bahkan saat usianya 10 tahun, ia sudah menjelajahi hingga ke Shansi, Annam, Kansu, Manchuria, Tibet, dan Siam. Dalam perjalanannya tersebut, ia terus mencari dan mengumpulkan tanaman obat, hingga ia berumur 100 tahun. 

   Sepanjang hidupnya, Li sudah menikah hingga 24 kali. Dan diketahui, ia sendiri yang menguburkan 23 istrinya yang telah meninggal. Li menghasilkan 11 generasi dari semua istri-istrinya tersebut. Cucunya mencapai 200 orang. Li mempunyai hobi yakni memanjangkan kukunya hingga 6 inci. 

   Meskipun usianya yang sangat tua, tapi banyak orang yang melihat bahwa ia masih keliatan berumur 60 tahunan. 

   Tak ada yang tahu pasti kapan Li lahir. Ia sendiri pun sudah lupa, tahun kapan ia dilahirkan. Tapi menurutnya, ia lahir pada tahun 1736. 

   Seorang profesor dari departemen pendidikan Universitas Chendu, Wu Chong telah menemukan sebuah catatan kerajaan Tiongkok yang menjelaskan tentang ucapan selamat ulang tahun pada Li yang telah berusia 150 tahun. Ucapan tersebut dibuat pada tahun 1827. Jika pada tahun 1827 umur Li sudah mencapai 150 tahun, maka tahun kelahiran Li adalah 1677. 

   Li meninggal pada tahun 1933 dengan usia 256. Usia yang sangat panjang. 
   Mudahan informasi di atas dapat bermanfaat buat anda. kami sangat senang jika anda meluangkan waktu untuk menshare artikelnya. terimah kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

orang terkaya di dunia

kota paling romantis di dunia

Jembatan terpanjang di dunia